Jumat, 23 April 2021

Marquez: Saya tidak tau kapan saya bisa sepenuhnya Fit


GrandPrixPedia - Marc Marquez tetap lah Marc Marquez. Walau hampir semusim tidak mengendarai Honda RC213V miliknya. Tapi pengalaman 7 tahun mengendarai motor tersebut dengan 6 musim tittle juara dunia dan hanya kehilangan satu gelar juara dunia pada tahun 2015 yang direbut Jorge Lorenzo.

Marc masih mampu menunjukkan kalo ia masih rider Honda terbaik saat ini. Hal itu ia buktikan dengan finish ke 7 di balapan Portimao, yang mana itu adalah finisher terbaik pembalap Honda.

Marc mengatakan kalo ia agak tersiksa di bagian akhir balapan karena tidak bisa menurunkan sikunya terlalu rendah. Memang benar karna selama race wekeend Portugal lalu gaya khas Marquez yakni - Elbow Down, posisi siku yang sangat miring hingga menyentuh aspal, tidak terlalu terlihat. 


Dalam sebuah  wawancara seperti yang dikutip dari Motorsport.com, Marc Marquez disinggung kapan dirinya bisa sepenuhnya pulih dan kembali ke performa sebelum ia cedera. Menjawab pertanyaan itu Marc mengatakan sifat fisik tiap-tiap trek MotoGP yang berbeda membuatnya kesulitan untuk menentukan di trek mana ia akan sepenuhnya fit. 

"Jujur saja saya tidak tahu, karena itu tergantung sirkuit, apakah itu benar-benar trek yang menguras fisik atau bukan. Misalnya, tujuh lap terakhir [di Portugal] saya bahkan tidak bisa menggunakan siku untuk menyentuh tanah. Saya mengendarai dengan gaya berkendara yang sangat aneh dan saya tidak bisa melakukan apa-apa."

Marc juga menginfokan kalau tim dokter nya melarang ia untuk melakukan latihan dengan motor di antara jeda balapan dan lebih menyarankan untuk latihan di gym. 

"Poin penting lainnya yang sudah kami bicarakan dengan para dokter sebelum lomba ini, dan kembali ke kompetisi berarti pelatihan di rumah harus dikurangi. Jadi, itu artinya sekarang dari balapan ke balapan saya tidak akan naik motor apa pun, saya hanya akan berlatih di gym tiga, maksimal empat hari dan dengan tidak banyak beban [latihan] karena tulangnya oke, tapi stres yang dibebankan ke tulang harus kita hindari."



"Tidak bisa setiap hari dan setiap minggu. Jadi, ini adalah alasan lain yang tentunya akan membutuhkan waktu untuk kembali dalam kondisi fisik yang baik. Tapi saya harus mengikuti saran dari para dokter karena mereka memberi saya kesempatan untuk mengendarai motor MotoGP."

"Jadi, sekarang saya hanya akan mengendarai motor motogp balapan demi balapan, dan kemudian setelah pemeriksaan berikutnya kita akan melihat bagaimana keadaannya dan apakah kita bisa melakukan sedikit lebih banyak lagi. Tapi pemeriksaan berikutnya akan dilakukan setelah Jerez." Imbuh Marc mengakhiri wawancaranya.

Saat ini Marquez berada di urutan ke-14 dalam kejuaraan dengan sembilan poin selisih 52 poin yang tidak dapat dihindari dari pemimpin klasemen Fabio Quartararo. Jika Marc bisa terus konsisten dan mampu memulihkan kekuatan fisiknya seperti sebelum dilanda cedera bukan tidak mungkin ia akan kembali seperti Marc yang kita kenal dulu.

 

Ad Placement