Sabtu, 24 April 2021

Morbidelli bicara soal keinginan mengendarai M1 Pabrikan dan opsi gabung Tim VR|46 musim depan!

GrandPrixPedia- Morbidelli adalah salah satu pembalap yang diprediksi akan mampu bersinar di MotoGP 2021, setelah menjadi runner up musim lalu dengan 3 Kemenangan dan berada di posisi 4 Test Pramusim Qatar. 

Namun di dia race pembuka Qatar GP dan Doha GP hasil yang diraih Morbidelli di luar ekpetasi, di Qatar ia finish di posisi 18 sedangkan di Doha finish di Posisi 12. Morbidelli baru bangkit di GP Portimao dengan hasil finish ke 4.

Pembalap Petronas Yamaha itu menyelesaikan jarak balapan 25 lap dalam waktu hanya 0,078 detik lebih lambat dari yang dia lakukan di sirkuit yang sama pada sering pamungkas MotoGP 2020 November lalu. Morbidelli adalah satu-satunya pembalap yang masih memakai mesin yang sama persis dengan yang digunakannya tahun lalu, atau Yamaha menyebutnya dengan M1 Spec-A. Agak miris sebenarnya karna sebagai Runner-up dan pembalap Yamaha terbaik musim lalu Morbidelli masih memakai mesin tahun 2019. Sedangkan 3 Pembalap Yamaha lain mendapat paket motor terbaru. Untuk Sobat GP Pedia ketahui di musim 2021 ini mesin yang digunakan masih sama dengan mesin lalu karna pembekuan mesin di 2020 di lanjut ke 2021 mengingat tahun lalu tergolong musim yang singkat karena wabah pandemi virus corona. Kepada jurnalis Peter McLaren dari crash.net Morbidelli bercerita beberapa hal tentang hasil balapan Portimao dan target kedepannya. 

"Senang rasanya bisa kembali ke lima besar," Imbuh Morbidelli memulai wawancara. "Ya, waktu balapan saya sangat mirip dengan tahun lalu, itu merupakan hal yang baik mengingat posisi start saya, Saya banyak bertarung dengan pembalap lain di awal. Paketnya sama dan kami berhasil meniru performa bagus tahun lalu dan ini hal yang positif bagi kami."


"Ini lebih sulit dari tahun lalu, karena kami memiliki paket yang sama dan pembalap lain telah memperbaiki masalah mereka dibandingkan tahun 2020. Jadi jika 2020 sulit tapi mungkin saya masih tetap bisa bersaing karna tahun lalu saya hanya tertinggal spek motor 1 tahun, tahun ini bahkan lebih sulit - tapi bukan tidak mungkin." Tambahnya. 

Di MotoGP ada dua istilah tim, yakni Pabrikan dan Satelit, dimana biasanya tim Satelit dapat paket motor yang setahun lebih tua dari paket motor pabrikan. Tapi perbedaan itu mulai ditinggalkan dan pabrikan sudah banyak mensupport pembalap satelit nya dengan paket motor yang sama dengan motor yang digunakan pembalap Pabrikan. Di MotoGP 2021 ini cuma 3 pembalap yang masih menggunakan paket motor yang berbeda dari pembalap Pabrikan, yakni Franco Morbidelli, Dan dua Rookie asal Italia Enea Bastianini dan Luca Marini. 


"Ya, motor (Pabrikan) sedikit lebih kuat pada ban, sepertinya lebih bisa dieksploitasi dalam sudut pandang itu dan lebih cepat di trek lurus. Melihat apa yang terjadi di Portimao, saya kesulitan di kualifikasi tetapi saya memiliki kecepatan balapan yang sangat bagus, tetapi juga saya tidak bisa mengambil kecepatan itu seperti yang dilakukan motor lain dan juga pembalap Yamaha lainnya, terutama seperti yang dilakukan Fabio."

"Jadi ini terlihat menjadi perbedaan bagi saya saat ini, tapi saya tidak bisa mengatakan dengan tepat karena saya tidak mencoba motornya."

Morbidelli berpandangan kalo pembalap satelit bisa berjuang untuk gelar juara dan mengendarai motor spek pabrikan adalah targetnya tahun depan. 

"Saya pikir di bawah aturan saat ini, pengendara satelit dapat bertarung untuk kejuaraan, Dan peluang itu lebih besar untuk dicapai jika memiliki spek terbaru!"Jadi motor Factory-Spec akan jadi prioritas utama Anda tahun depan? "Iya." Jawab Morbidelli sambil tersenyum. 


Kontrak Morbidelli dengan Petronas untuk musim ini adalah 1+1, yakni satu tahun untuk musim 2021 dengan opsi perpanjangan 1 tahun lagi di 2022. Bisa jadi Morbidelli akan berpindah tim di 2022 ini dikarenakan Petronas  belum mengkonfirmasi apakah akan tetap bersama musim depan. Sebagai pembalap paling seniornya di Akademi Balap Milik Rossi, yakni VR|46 Riders Academy bukan tidak mungkin ia bergabung ke tim tersebut, apalagi Valentino Rossi berniat untuk menjalankan tim nya di musim depan secara penuh. 

"Saat ini saya membalap untuk Petronas SRT Yamaha dan saya fokus pada tim ini. Tentang masa depan saya, saya belum tahu," 

Dan ketika ditanya bagaimana pendapatnya jika bergabung dengan tim VR|46 kedepannya Morbidelli berkata akan sangat baik bisa balapan untuk tim VR|46 tapi ia menyarankan VR|46 untuk lebih memilih pembalap muda ketimbang dirinya. 

"Balapan untuk VR46 mungkin di masa depan yang jauh bisa menjadi hal yang baik, tapi saya pikir VR46 harus membidik talenta muda dari Akademi untuk dibesarkan," Kata Morbidelli memberi saran. 


Pembalap Muda VR|46

"Saya sudah menghabiskan empat tahun di MotoGP, ya saya masih muda, tapi saya tidak semuda itu! Jadi saya tidak berpikir saya menjadi target tim VR46 MotoGP. "

Saat ini tim VR|46 sudah turun di kelas MotoGP bersama Luca Marini, VR|46 mengambil satu slot di tim Avintia Racing. Untuk tahun depan VR|46 menyatakan akan turun penuh dengan menggantikan slot tim yang ditinggalkan Avintia Racing yang memutuskan mundur di akhir musim 2021 ini. 

Source: Crash.net

 

Ad Placement