Selasa, 18 Mei 2021

Duo Alex: Rins dan Marquez, Pembalap Paling Sering 'Ndlosor' di 5 Seri Awal MotoGP 2021!


GrandPrixPedia- Tak hanya memiliki nama serupa, tapi 2 pembalap asal Spanyol ini juga punya nasib yang serupa. Mereka ialah Alex Rins dan Alex Marquez. Mereka sama-sama telah 3 kali DNF (Do Not Finish) di 5 gelaran  awal seri MotoGP 2021. Penyebabnya pun sama karena crash alias terjatuh dari tunggangan masing-masing. 

Alex Rins cuma di dua sering awal Qatar dan Doha yang mampu finish. Di tiga seri selanjutnya Portimao, Jerez, dan Le Mans ia mencetak Hattrick 3 seri berturut-turut tidak bisa menyelesaikan balapan. Bahkan di Le Mans kemarin ia sampai terjatuh 2 kali dalam satu balapan. 

“Memang benar saya sering mengalami crash musim ini. Saya tidak tahu bagaimana menjawabnya karena saya merasa baik. Saya bekerja keras di rumah dengan semua staf saya. Ini terkadang terjadi, saya tidak tahu.

“Kami banyak meningkatkan motor. Saya perlu meminta maaf kepada tim karena tahun ini adalah tahun di mana saya merasa lebih kuat di atas motor, saya melakukan apa pun yang saya inginkan - kecuali saat kualifikasi.
Rins gagal menembus kualifikasi kedua karena dilakukan dalam kondisi basah padahal ia berujar jika dalam kondisi kering ia punya kecepatan yang cukup. 

“Tapi saya melakukan apapun yang saya inginkan di sini di Le Mans. Kami berjuang keras dan dalam kondisi kering kami sangat cepat sejak awal. 
“Kami keluar dari Q2 tanpa hasil, kami finis di urutan 11 dengan hanya memasang satu ban di awal.
“Kami melakukan perbaikan besar pada motornya, hanya saja kami melakukan kesalahan bodoh. 
“Hari ini kami melakukan hal yang mustahil. Saat melewati lap pertama keempat, atau kelima, saya memulihkan 10 posisi di lap pertama. 
“Saya masuk ke dalam pit dan mengganti motor begitu cepat sehingga saya pulih satu posisi, lalu kecelakaan bodoh lagi." Terang Rins dikuti dari Motorsport.com

Alex Marquez gagal menyelesaikan lomba di dua seri balapan ganda Qatar dan Doha dan satu lagi di Seri Jerez. Di Le Mans saudara kandung Marc Marquez tersebut akhirnya mampu meraih hasil yang lebih baik, ia finish di posisi 6 dan juga menjadi finisher terbaik Honda di seri tersebut. 

“Hasil hari ini baik. Balapannya termasuk sulit, di awal balapan dalam kondisi kering, saya mengalami masalah dengan rem depan dan saya merasa tidak nyaman. Kemudian hujan mulai turun, persis seperti yang sudah diramalkan, kemudian setelah mengganti motor, saya kembali dan berhasil memperbaiki posisi dengan ban basah dan kering. 
“Kami menggunakan ban depan soft yang memberikan saya rasa lebih nyaman untuk putaran-putaran awal, tetapi akhirnya saya kesulitan di akhir karena lintasan sudah kering sekali. Terlepas dari semua itu, kami bisa merasa senang di mana hasil hari Minggu ini membangun kepercayaan diri kami sehingga kami bisa bersiap untuk Mugello dalam kondidi 100%.”

Di Sirkuit ini juga Alex Marquez meraih podium pertamanya di kelas MotoGP tahun lalu. Ia finish di posisi 2 di belakang Danilo Petrucci yang kala itu masih berseragam merah-(Ducati). 


 

Ad Placement