Minggu, 16 Mei 2021

Jack Miller Juara MotoGP Le Mans 2021, Marquez 2 Kali Crash #FrenchGP

GrandPrixPedia- Quartararo start dari posisi terdepan untuk ketiga kalinya musim ini. Team matenya Maverick Vinales dan Pembalap Factory Ducati melengkapi 3 besar Front Row. Sementara Marc Marquez start dari posisi 6 grid.

Ketiga pembalap front row kompak menggunakan kombinasi ban slick soft-soft. 

Menjelang balapan terlihat awan mendung di atas langit sirkuit Le Mans karena hujan tidak turun dan kondisi trek bisa dibilang kering maka balapan di declare Dry Race. Dan ada kemungkinan flag-to-flag di pertengahan race. 

-Lap pertama Miller melesat diikuti duo factory Yamaha, Morbidelli terpaksa melebar karna bersenggolan dengan Pol Espargaro di Turn 11.

-Lap 2 Quartararo ambil alih posisi terdepan  dari Miller, Marquez duel dengan Nakagami dan Rins untuk posisi 4

-Lap 3 Nakagami overtake Rins untuk posisi 4 sedangkan Marquez di posisi 6

-Lap 4 rintik hujan mulai turun dan bendera putih dikibarkan yang berarti boleh ganti motor dengan ban basah. 

-Lap 5 4 pembalap terdepan Vinales, Miller, Quartararo dan Alex Rins gantian ambil alih posisi terdepan. Marquez sudah di posisi 3 dibelakang Vinales dan Miller, Miller melebar, Quartararo masuk pit pertama dan diikuti semua pembalap lainnya. 

-Lap 6 Marquez pembalap pertama yang keluar pit setelah ganti motor diikuti Rins dan Quartararo, sesaat kemudian Rins jatuh di turn 4. Dua pembalap pabrikan Ducati dapat hukuman double long lap penalty karna melaju lebih dari 60km/jam di pit.

 

-Lap 7 Marquez 1.3 detik dari Quartararo, dan Rins keluar pit dengan motor baru lagi

-Lap 8 Marquez mengalami high side dan crash di turn 14

-Lap 9 Marquez bisa melanjutkan balapan dan rejoin kembali ke balapan. 

-Lap 10 Quartararo 1 detik di depan Miller, sedangkan Miller berjarak 13 detik dari Nakagami di tempat ketiga. Miller telah menyelesaikan hukuman long lap penalty keduanya. 

-Lap 11 Miller kembali memangkas jarak dengan Quartararo

-Lap 12 di tikungan ke 6 Miller berhasil overtake Quartararo untuk posisi terdepan. Sedangkan Quartararo mendapatkan hukuman long lap penalty karna salah tempat saat mengganti motor. 

-Lap 13 Motor RS-GP Lorenzo Savadorri terlihat mengeluarkan asap putih. Oliveira crash di turn 3

-Lap 14 Rins crash untuk kedua kalinya di turn 3

-Lap 15 Zarco salip Nakagami untuk posisi 3 sedangkan Marquez berada di posisi 15

-Lap 16 Jack Miller mampu membuat jarak dengan Quartararo, Marquez salip petruci dan marini untuk posisi 12. Laptime Marquez 4 detik lebih cepat dari Miller 

-Lap 17 Aleix Espargaro kehilangan power dari motor nya, teknikal problem RS -GP

-Lap 18 Zarco push motornya dan coba pangkas jarak dengan Quartararo. Sedangkan Marquez crash lagi untuk kedua kalinya di turn 6. Race is over for Marquez.

 

-Lap 20 Zarco mampu pangkas gapapa dengan Quartararo menjadi 3.7 detik. 

-Lap 22 Zarco slipstream Quartararo di trek lurus dan ambil alih posisi 2. Miller berjarak 6.7 detik dengan Zarco di posisi 2

-Lap 23 Bagnaia salip Petrucci untuk posisi 5 dan siap mengincar posisi 4 yang diisi Alex Marquez. 

-Lap 24 Power Desmosedici mampu salip RC213V Alex Marquez di trek lurus. Bagnaia naik ke posisi 4

Miller menjadi pembalap pertama yang melintasi garis finish diikuti 2 Pembalap Tuan rumah Johan Zarco di posisi 2 dan Fabio Quartararo di posisi 3. Posisi 4 diisi Francesco Bagnaia yang tampil mengesankan karna harus memulai balapan di posisi 16.


Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua Miller bersama Ducati setelah mampu meraih kemenangan pertama di Jerez dua pekan lalu.

 

Dengan hasil balapan Le Mans ini posisi Bagnaia yang sebelumnya nya menjadi pimpinan klasemen kembali di ambil Quartararo, Quartararo unggul cuma 1 poin doang dari Bagnaia di tempat kedua dan 12 poin dari Johan Zarco di tempat ketiga. 


 

Ad Placement