Senin, 24 Mei 2021

Jika Tak Menang Juga di Mugello Pekan Ini, Honda Genapkan Puasa Juara 20 Seri.


GrandPrixPedia- Ada yang bilang hidup itu seperti roda, kadang diatas dan tiba-tiba di suatu waktu harus berada dibawah. Hal itulah yang dirasakan Tim Repsol Honda di semusim lalu hingga 5 seri MotoGP 2021 ini. 

Honda menjadi pabrikan tersukses di 1 dekade terakhir dengan 7 gelar juara dunia, 1 musim bersama Casey Stoner pada 2011, dan 6 musim bersama Marc Marquez di 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019. Sedangkan 3 gelar lainnya jatuh ke tangan Yamaha 2 kali bersama Jorge Lorenzo pada 2012 dan 2015 dan Suzuki satu kali bersama Joan Mir pada 2020 lalu. 

Mungkin karena terlalu bergantung pada satu sosok pembalap yakni, Marc Marquez, faktanya setelah Marquez terpaksa harus absen semusim lebih setelah mengalami cedera patah lengan pada balapan pembuka di Jerez musim 2020 lalu Honda tak lagi mampu merasakan podium teratas. Untung saja saudara laki-laki Marc Marquez, Alex Marquez mampu menyelamatkan wajah Honda musim lalu dengan menyumbangkan 2 kali podium 2 di Le Mans dan Aragon. 

Terakhir kali Honda menapaki podium tertinggi adalah di seri pamungkas Valencia 2019, kala itu Marc Marquez menang mudah dari Fabio Quartararo di posisi 2. Dan di 5 seri yang telah berlalu di musim ini posisi finish terbaik Honda adalah di posisi 4 bersama pembalap Jepang, Takaki Nakagami di Grand Prix Jerez, Spanyol. 

Walaupun pembalap andalan mereka, Marc Marquez sudah mengaspal lagi sejak seri Portugal lalu namun 'Magic Marquez' yang dulu belum kembali. Apalagi di Seri Le Mans lalu Marquez mengalami 2 kali kecelakaan di satu balapan. Dikutip dari GpOne.com Manajer Repsol Honda, Alberto Puig tetap yakin pembalap Andalannya tersebut bakalan kembali seperti Marc sebelum cedera. 

“Di balapan di Le Mans, ia melihat bahwa ia memiliki peluang untuk menang, meskipun dalam keadaan seperti itu ia tidak mencapainya. 

“Ia ingin menang, cepat atau lambat itu akan terjadi. Saat ini ia belum siap secara fisik, tetapi Honda mengetahuinya dan menunggu sampai ia siap. 

“Marc mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dan kami di sini (siap untuk) menunggu”

MotoGP seri Mugello pekan ini bisa momentuk bagi Honda khususnya Marc Marquez untuk menggapai podium tertinggi, pasalnya pada balapan Mugello musim 2019 Marquez hanya kalah tipis dari Danilo Petrucci yang masa itu menggeber Desmosedici yang terkenal punya power yang beringas di trek lurus. 

Namun jika kembali gagal meraih kemenangan di Mugello, Honda bakal menggenapkan puasa juara seri mereka menjadi 20 seri. Ini bisa jadi adalah jarak puasa seri terlama mereka selama mengaspal di MotoGP. Cmiiw! 





 

Ad Placement