Senin, 03 Mei 2021

Joan Mir: Dulu Marc Marquez Memang 'Alien', Tapi Saat Ini Hanya Manusia Biasa!!


GrandPrixPedia- Pembalap Repsol Honda Marc Marquez kembali balapan setelah absen satu musim penuh karna mengalami patah tulang lengan akibat jatuh di balapan Jerez tahun lalu. 

Sedikit flashback ke tahun lalu dimana balapan pertama MotoGP berlangsung di Jerez. Kok Jerez? Biasanya kan balapan pembuka selalu diadakan di Qatar? Pandemi virus Corona menyebabkan MotoGP Qatar terpaksa dibatalkan untuk kelas MotoGP, dan hanya menggelar balapan Moto3 dan Moto2. 

Di balapan Jerez musim lalu Marc Marquez yang start dari front row sempat hampir crash dan melebar ke gravel. Ia kehilangan banyak posisi hingga berada di posisi 16.

Tapi perlahan Marc mampu menyalip satu-persatu pembalap hingga sampai di posisi 3 di sisa 4 lap terakhir. Hal ini membuktikan kalo Marc punya ritme balap yang jauh lebih cepat di atas pembalap lain. 

Namun aksi heroik Marquez tersebut berhenti karena ia terjatuh di tikungan cepat dan bagian motor mengenai lengannya, ia harus ditandu keluar sirkuit.

 

Di seri kedua yang digelar di sirkuit yang sama, Jerez. Marquez yang baru beberapa hari naik meja operasi mencoba untuk turun di latihan bebas. Namun pilihannya tersebut harus ia sesali karna lengannya semakin parah dan butuh pemulihan yang lama. 

Kembali ke masa sekarang, dimana Marc hanya mampu finish di posisi 10 di balapan Jerez kemarin. Juara Dunia Musim 2020, Joan Mir berpendapat akan sangat sulit Marquez untuk bisa kembali ke performanya seperti sebelum cedera. 

"Marc adalah pebalap yang harus diawasi, bahkan situasi yang dia hadapi itu rumit, mungkin dia berpikir begitu, setelah 2019 dan awal 2020 akan lebih mudah untuk kembali ke jalurnya sendiri, tetapi itu Tidak seperti itu, karena Anda menderita jika berhenti setahun di MotoGP ini.

"Dalam beberapa tahun terakhir, banyak yang mengira bahwa dia adalah 'Alien', tetapi kami telah melihat bahwa dia manusia seperti kita semua.

"Mungkin[dulu] dia bisa punya pikiran, " Aku Marquez, dan aku bisa melakukan apapun yang aku ingin".

Mir menambahkan absen balapan selama satu musim sangatlah berpengaruh, karena pembalap yang berkompetisi  di musim lalu terus meningkat dan berkembang, sedangkan Marquez hanya menonton dari rumah. 

"Sayangnya, bukan itu masalahnya, karena level MotoGP telah meningkat, dan ada daya saing di trek. Dia pasti pembalap berbakat dan, jika dia finis kesepuluh hari ini, kita hanya bisa mengatakan dia bagus. Ujar Mir yang dikutip dari Crash.Net

Mir finish di posisi 5 di seri Jerez kemarin. Setelah 4 seri berlalu Mir selalu mampu mendulang poin di setiap serinya. Berkat kekonsistenan itu kini ia berada di posisi 4 klasemen sementara dengan 49 poin selisih 17 poin dari Bagnaia yang jadi pemimpin baru klasemen sementara setelah menyalip Quartararo di posisi puncak. 

 

Ad Placement