Sabtu, 15 Mei 2021

Ingat Kecelakaan Mengerikan Musim Lalu, Miller dan Espargaro Kompak Akui Takut Balapan di Red Bull Ring!!

GrandPrixPedia- Sejatinya musim ini akan ketambahan seri baru yakni MotoGP Finlandia yang akan digelar di sirkuit Kymi Ring. Sirkuit ini telah lolos homologasi dan telah diuji oleh tes rider masing-masing pabrikan pada tahun lalu. 

Dijadwalkan Kymi Ring akan menggelar MotoGP pada 11 Juli 2021,namun karena pembatasan larangan masuk karena pandemi COVID-19 pihak Dorna Sport dan juga Otoritas setempat resmi membatalkan debut seri ini. 

Sebagai pengganti, Dorna Sport juga mengumumkan akan melakukan race Doube Header(Balapan Ganda) di seri Austria, Sirkuit Red Bull Ring pada 8 dan 15 Agustus mendatang. 

Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro menyatakan ketidaksukaannya pada balapan ganda tersebut, ia menilai balapan ganda tidak bagus untuk kejuaraan. 

"Pertama-tama, saya tahu Dorna melakukan yang terbaik untuk melakukan kejuaraan ini dengan kondisi COVID. “Tapi saya sama sekali tidak suka melakukan dua balapan di trek yang sama, bahkan jika mereka memutuskan untuk melakukan dua balapan di Aragon, trek favorit saya.

"Saya sama sekali tidak menyukainya, kami tidak melakukan kejuaraan yang murni dan bagus. Itu pendapat saya."

Pembalap asal Spanyol ini juga menyinggung faktor Keamanan Sirkuit Red Bull Ring mengingat kecelakaan tahun lalu antara Johan Zarco dan Franco Morbidelli, karena tidak ada nya pagar pembatas motor Morbidelli terpelanting ke arah sirkuit dan nyaris mengenai dua pembalap Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

"Austria bahkan lebih buruk karena semuanya lurus, tiga tikungan. Hal baiknya adalah kami membicarakan setiap komisi keselamatan tentang Austria, tentang opsi yang berbeda, tapi sayangnya untuk 2021 tidak akan ada modifikasi.

 

"Tetapi untuk tahun 2022, akan ada. Jadi, dua balapan di sana tanpa modifikasi jelas tidak membuat pembalap senang sama sekali, saya yakin. Ujar Espargaro seperti dikutip dari MotorSport.com

Hal senada juga di ungkapan pembalap Factory Ducati, Jack Miller. Jack mengakui kalau balapan di Red Bull Ring membuat dirinya takut. Walaupun Sirkuit Austria ini sangat cocok dengan karakter Desmosedici karna banyak trek lurusnya. 

"Secara logika semua pembalap Ducati pasti senang (balapan di Austria). Tapi jangan lupakan KTM menang pada balapan kedua tahun lalu. Sebenarnya sirkuit ini membuat saya takut. Aku tak tahu apa yang mereka lakukan tetapi insiden tahun lalu sangat mengejutkan. Aku pikir mereka (Dorna dan FIM) takkan membiarkan kejadian tahun lalu terulang lagi. 

Miller juga menyarankan agar tikungan tersebut diberi Chicane (tikungan berbentuk S) untuk mengurangi laju motor. 

"Saya pikir kita harus bisa memperlambat laju motor sebelum tikungan kedua. Sebuah Chicane akan menjadi solusi terbaik." Ujar pembalap Australia yang baru meraih kemenangan pertamanya bersama Ducati di Jerez dua pekan lalu. 

 

Ad Placement