Sabtu, 29 Mei 2021

Quartararo Rebut Pole Position Mugello 2021, Rekor Lap Time Kembali Pecah!

GrandPrixPedia- Rekor Lap Time Mugello yang diraih Marc Marquez dengan catatan 1:45.519 di GP Mugello musim 2019 akhirnya dipecahkan oleh Francesco Bagnaia di FP3 tadi. Bagnaia mencatatkan 1:45:456, sedangkan Top Speed sirkuit yang diraih pada kecepatan puncak 357,6 km/jam yang didapatkan pembalap pengganti Jorge Martin, Michelle Piro pada sesi jum'at kemarin pun juga kembali pecah di sesi FP3, Brad Binder mampu menyamai Top Speed MotoGP sepanjang masa yang diraih Zarco di Qatar lalu.

Sesi FP4 dan Kualifikasi sempat tertunda dikarenakan adanya red flag akibat insiden antara pembalap Jepang, Ayumu Sasaki dan pembalap Swiss, Jason Dupasquier di akhir sesi kualifikasi Moto3.  Maverick Vinales mensia-siakan kesempatan Hot Flying Lap terakhirnya di Q1 dengan melebar di tikungan San Donato. Dan 2 pembalap Spanyol Marc Marquez dan Aleix Espargaro yang berhak untuk gabung bareng 10 pembalap top Ten kombinasi FP1-FP3 untuk berebut start terdepan. 

15 menit sesi kualifikasi kedua pun dimulai, mayoritas pembalap menggunakan kombinasi ban slick medium-soft. Di Run pertama Quartararo sudah torehkan 1.45.481 di ikuti Aleix Espargaro dan Jack Miller di posisi 2 dan 3. 

Morbidelli jadi pembalap pertama yang keluar pit lane untuk Run ke dua diikuti Marquez dan Binder. Ada yang berbeda dari Marquez di sesi kualifikasi kali ini, ia terlihat sering membuntuti pembalap lain dalam melakukan flying lap, di Q1 ia membuntuti Vinales sedangkan di Q2 pembalap KTM, Brad Binder yang ia buntuti. 

Dan akhirnya Fabio Quartararo kembali merih Pole untuk keempat kali berturut-turut musim ini dan pole ke 17 di semua kelas. Rekor. Lap Time yang dipegang Bagnaia di FP3 pun kembali dipecahkan Quartararo dengan catatan waktu 1.45.187.

Posisi 2 dan 3 diisi dua pembalap Ducati Francesco Bagnaia dan Johan Zarco. Marquez yang harus berjuang di kualifikasi pertama Start dari posisi 11,tepat satu posisi dibelakang rekan setimnya, Pol Espargaro. Nahh kan berdekatan lagi posisi startnya. Emang benar-benar rekan setim nih. 

Berikut hasil lengkap kualifikasi 2 MotoGP Italia:








 

Ad Placement