Jumat, 25 Juni 2021

Kritik Aturan Trek Limit, Aleix Espargaro: Kenapa Harus Nunggu 4 Kali Pelanggaran!?

GrandPrixPedia- Trek Limit adalah batas tepi sirkuit/trotoar sirkuit, aslinya trek limit berupa rumput atau tanah yang berada di pinggir sirkuit namun untuk alasan keamanan bagian ini diaspal atau di cor dengan beton. Untuk membedakan dengan trek utama bagian ini di cat menggunakan warna hijau. 

Jika masih berupa trek tanah atau rumput pembalap yang melintasinya bisa saja terjatuh, namun karna telah diaspal maka pembalap yang melintasi area hijau tersebut bisa mendapatkan keuntungan dalam hal catatan waktu. 

Saksi yang didapat pembalap jika melewati trek limit dapat berupa Long Lap Penalty atau pengurangan waktu beberapa detik setelah balapan usai seperti yang terjadi pada Mir dan Oliveira di balapan Mugello lalu. Yang jadi pertanyaan sanksi tersebut baru akan berlaku jika seorang pembalap melewati trek limit lebih dari 4 kali, hal ini yang dikritik oleh pembalap Aprilia, Aleix Espargaro. Ia bingung kenapa harus menunggu 4 kali pelanggaran baru mendapat sanksi. 

“Saya tidak mengerti aturan ini. Mengapa saya harus memiliki empat kesempatan untuk menyentuh hijau, di sebelah trotoar? Sebelum daerah itu tidak diaspal dengan baik, itu berumput atau sangat licin. Jika Anda sampai di sana, Anda kehilangan tiga atau empat detik atau bahkan crash. Jadi mengapa mereka mengizinkan Anda menyentuh titik-titik itu empat kali? Itu tidak masuk akal. Satu tembakan baik-baik saja, tapi hanya itu. Itu pendapat saya".

Aleix sendiri tampil cukup impresif di sesi FP1-FP2, ia berada di posisi 10 waktu kombinasi dan punya peluang besar langsung masuk ke ke kualifikasi kedua. Dikutip dari Motosan.es begini komentar Espargaro sehabis sesi latihan hari jumat. 

“Aprilia sepertinya menyukai trek kering. Saya tidak merasa buruk di pagi hari dan saya bisa melakukan banyak putaran dengan ban bekas. Tapi aileron membuat motor sulit melewati tikungan. Terutama di tikungan cepat seperti 6 dan 12 saya punya masalah. FP2 itu, sayangnya, tidak berguna karena hujan, jadi kami tidak bisa mencari solusi lagi”.

Ketika ditanya bagaimana peluang podium pertama untuk Aprilia, Aleix masih meragukannya karna semua kompetitor sangat cepat dan jarang melakukan kesalahan. 

“Tahun ini sangat sulit. Tidak ada yang membuat kesalahan, mereka semua sangat konsisten dan cepat. Itu tidak akan mudah, tetapi itulah keindahan podium, tidak mudah untuk dicapai. Tapi kami memiliki kepercayaan diri dan kami akan memberikan segalanya untuk berada di atas sana. Kami hanya harus bersabar." Tutup Espargaro. 

 

Ad Placement