Minggu, 27 Juni 2021

Quartararo Menang di Race Assen 2021, Makin Kokoh di Puncak Klasemen!

GrandPrixPedia- MotoGP kembali ke tanah Belanda setelah setahun absen dikarnakan pandemi COVID-19. Pembalap Yamaha masih menjadi yang terdepan dalam urusan start dari posisi terdepan, jika tahun 2019 bersama Fabio Quartararo maka tahun ini bersama Maverick Vinales.

Quartararo dan Bagnaia melengkapi posisi grid terdepan, Valentino Rossi start ke 12 sedangkan Marc Marquez start dari posisi 20. Vinales menggunakan kombinasi ban Soft depan dan Hard belakang, sedangkan Quartararo dan Bagnaia dengan kombinasi Medium depan dan Hard belakang. 

26 lap pun dimulai, Quartararo melaju terdepan, namun segera disalip Bagnaia, Nakagami dan Vinales di posisi 3 dan 4. Marc Marquez naik 9 posisi ke posisi 11. Rossi malah drop ke posisi 20.

-Lap 3 terjadi kontak antara Zarco dan Rin yang membuat Rin melebar ke gravel. Marquez naik ke posisi 10. Quartararo coba salip Bagnaia namun langsung dibalas Bagnaia. 

-Lap 4 Zarco cetak New Best Lap Records dan coba incar Vinales di posisi 4.

Lap 6 Quartararo berhasil ambil alih pimpinan race dari Bagnaia. 

-Lap 8 Cetak New Best Race Lap Quartararo buat jarak 1 detik lebih dari Bagnaia di posisi 2. Rossi CRASH di tikungan 7.

-Lap 10 Quartararo sudah 2 detik di depan Bagnaia. Ngeriii euyy

-Lap 11 Pembalap Jepang, Nakagami salip Bagnaia, namun tak berselang lama langsung disalip lagi oleh Bagnaia. Quartararo 2.8 detik didepan. 

-Lap 15 Pecco Bagnaia kena sanksi Long Lap Penalti karena 4 kali menyentuh trek limit. Miller Crash. Vinales ke 2 , Zarco ke 3. Nakagami mengalami kontak dengan Mir dan mundur ke posisi 9 dibelakang Marc Marquez. 

-Lap 17 setelah menyelesaikan Hukuman Longgar Lap Penalty, Pecco Bagnaia mundur ke posisi 6. Quartararo 4.2 detik di depan. 

-Lap 19 Mir masuk ke zona podium di posisi 3 setelah salip Zarco. Vinales pangkas gap dengan Quartararo menjadi 3.4 detik. Marquez salip Aleix Espargaro untuk posisi 7.

-Lap 23 Gap antara Quartararo dan Vinales terpangkas menjadi 2.8 detik di 4 lap tersisa. 

Lap 25 Aleix Espargaro salip Marquez untuk posisi 7.

Last lap Quartararo masih unggul 2.5 detik di depan Vinales. Marquez kembali ke posisi 7 setelah salip Aleix Espargaro. 

Quartararo finish terdepan diikuti Vinales dan Joan Mir di posisi 3. Posisi 4 sampai 10 diisi oleh Zarco,Oliveira, Bagnaia, Marc Marquez, Aleix Espargaro, Nakagami dan Pol Espargaro.

Hasil Race Assen ini makin mengokohkan Quartararo di puncak klasemen dengan 156 poinpoin, unggul 34 poin dari Zarco di posisi 2 klasemen. MotoGP akan memasuki libur tengah musim dan baru akan balapan lagi pada tanggal 8 Agustus 2021 di Austria. 

 

 

Ad Placement