Minggu, 18 Juli 2021

Jadi Pembalap Paling Banyak Crash, Pol Espargaro Bersikeras Gaya Balapnya Cocok Dengan Honda


GrandPrixPedia- Pol Espargaro meninggalkan KTM pada akhir musim 2020 disaat KTM sedang meraih musim terbaiknya di MotoGP dan ia memilih untuk pergi ke Honda yang sedang mengalami paceklik juara setelah absennya Marc Marquez di sepanjang MotoGP musim 2021. Paceklik kemenangan Honda pun berakhir di GP German 2021, Sirkuit ini memang 'Marquez Banget' terbukti ia tak pernah absen podium 1 dalam 11 balapan terakhir di sirkuit tersebut.

Pol Espargaro menjadi pembalap yang paling banyak 'ngrusakin motor' alias jatuh di setengah balapan musim ini, ia tercatat sudah jatuh 13 kali di 9 balapan berlalu. Sedangkan rekan setim Pol, Marc Marquez yang baru kembali balapan di seri Portimao Portugal sudah 9 kali terjatuh dan menjadi pembalap ke 5 dengan jumlah jatuh terbanyak.

Honda memang masih mempunyai banyak masalah bahkan setelah Marquez kembali ke lintasan dan bagi Pol jika ia ingin menang ia harus berpikir seperti pembalap yang telah pernah menang dengan motor tersebut.

“Cara berpikir saya adalah jika seorang pembalap yang sangat cepat memenangkan balapan dan Anda memiliki paket yang persis sama, Anda harus melakukan hal yang sama. Jika Anda tidak cukup cepat, Anda seharusnya tidak berada di sana”. Terang Pol dalam sebuah wawancara dengan majalah MCN.

Pol memang harus memberi tekanan pada dirinya sendiri pasalnya ia punya kontrak yang lebih pendek dibandingkan Marc,jika ia tidak perform pasti Honda akan "menendangnya" dan mengganti dengan pembalap yang lebih muda.

“Saya selalu banyak bertanya pada diri sendiri, terkadang baik, terkadang buruk. Jika ada yang salah dan Anda tidak menekan, ketika keadaan membaik, pembalap yang lebih muda akan menendang pantat Anda. Jadi Anda harus selalu berusaha, Anda harus selalu berada di bawah tekanan dan saya pikir tekanan terbesar yang membebani saya berasal dari diri saya sendiri.”

Semula ketika kabar ia akan bergabung ke Honda banyak pihak yang mengatakan jika gaya balap Pol akan sesuai dengan Motor RC213V termasuk Alberto Puig yang menjadi sosok kepindahan Pol dari KTM ke Honda, namun setelah musim berjalan mulai banyak yang menyangsikan, tetapi Pol sendiri tetep kekeuh dan yakin jika gaya berkendaranya akan cocok dengan Honda. 

“Saya mencoba untuk mengenal motor, mendapatkan lebih banyak pengalaman dan sepenuhnya menerapkan gaya saya, yang menurut saya akan berhasil.”

 

Ad Placement