Jumat, 09 Juli 2021

Joan Mir Sebut Motor GSX-RR Suzuki Lebih Agresif Dibanding Yamaha YZR-M1.

GrandPrixPedia- Di kelas MotoGP hanya ada 2 konfigurasi mesin yang digunakan yakni mesin empat silinder segaris atau Inline dan mesin V4. Dari 6 pabrikan yang berlaga cuma Yamaha dan Suzuki yang menggunakan mesin inline 4 sedangkan 4 pabrikan lainnya menggunakan V4. 

Mesin inline 4 mempunyai karakteristik lincah dan gampang ditekuk sedangkan v4 punya keunggulan power yang lebih bertenaga. Itulah kenapa top speed di MotoGP hampir semua milik motor bermesin v4. 

Berdasarkan statistik peraih juara dunia 10 tahun terakhir (2011-2020) mesin v4 unggul jauh dari inline 4 dengan perbandingan 7 banding 3 juara dunia. Balik lagi ke pembalapnya bagaimana mereka memaksimalkan kelebihan motor mereka serta meminimalisir kekurangan. 

Tahun 2020 lalu Joan Mir mampu mengambil alih pimpinan kejuaraan di seri-seri terakhir MotoGP, padahal Quartararo sempat unggul di separuh musim. Mir pun ditanya bagaimana perbedaan antara Yamaha dan Suzuki. 

“Ini adalah pertanyaan yang sulit. Sulit menjawabnya karena saya hanya melihat [Yamaha] dari luar dan hasil motor ini,” ujar Mir dikutip dari Tuttomotoriweb.it

Memang benar ia belum mencoba motor Yamaha langsung, tapi dalam suatu kesempatan Mir pernah membuntuti pembalap Yamaha di trek, ia mencoba menganalisis bagaimana akselerasi, serta hal teknis lainnya yang ia lihat dari motor Yamaha. 

“Saya tidak berpikir motornya benar-benar sama. Memang benar keduanya sama-sama menggunakan mesin empat silinder segaris. Tapi sifatnya sangat berbeda”.

“Kami melihat pengendara Yamaha berbeda dari Suzuki. Suzuki sedikit lebih agresif, motornya bergerak lebih banyak, dalam beberapa hal lebih dekat ke V4 tanpa menjadi V4. Yamaha, di sisi lain, membuat kesan lebih halus dan lebih manis”.

“Tapi seperti yang saya katakan: hanya ini yang bisa saya lihat. Jadi saya hanya bisa mengatakan bahwa menurut saya Suzuki sedikit lebih agresif dari Yamaha”.

Satu-satunya pembalap MotoGP yang masih aktif saat ini yang telah merasakan kedua motor tersebut adalah Maverick Vinales. Namun tentunya Suzuki yang sekarang dengan Suzuki yang ditunggangi Vinales pada musim 2015-2016 sedikit banyak telah berubah. 

 

Ad Placement